ANALISIS MENINGKATNYA TEMPERATUR PENDINGIN AIR TAWAR PADA MESIN INDUK DI KAPAL MT. ERICA 10

  • Mualim Mualim Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Alberto Alberto Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Mahadir Sirman Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Temperatur, Pendingin Air Tawar, Mesin Induk

Abstract

Mesin induk merupakan suatu pesawat yang memiliki peranan yang sangat penting di atas kapal untuk menunjang pengoperasian kapal, sehingga kapal dapat beroperasi dengan baik. Dalam mendukung kinerja mesin induk sistem pendingin air tawar sangat dibutuhkan. Pada
prinsipnya sistem pendingin air tawar adalah yang diserap panas yang ditimbulkan oleh hasil pembakaran, sehingga temperatur mesin akan selalu konstan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kurangnya penyerapan panas pendingin air tawar pada mesin induk. Penelitian ini dilaksanakan ketika penulis melaksanakan praktek laut di kapal MT. ERICA 10 milik perusahaan PT. Bitumen Marsende selama 1 tahun dan 10 hari yakni mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan tanggal 25 Juli 2017. Sumber data diperoleh langsung dari tempat penelitian menggunakan metode observasi dan juga metode kepustakaan. Data penelitian ini berupa dokumen-dokumen, instruction manual book serta buku-buku yang berkaitan dengan judul skripsi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat banyak kotoran yang terbawa oleh air laut pada Fresh Water Cooler, sehingga penyerapan panas menjadi berkurang. Ditambah lagi kapasitas air pendingin berkurang, sehingga proses penyerapan panas menjadi tidak maksimal.

References

[1]. Hery Sunaryo, Haryanto, Triyono, 1998, Perawatan Dan Perbaikan Motor Diesel Penggerak Kapal, penerbit departemen pendidikan dan kebudayaan.
[2]. P. Van Maanen, 1983, “Marine Motor Diesel Kapal”, Jilid II, PT. Triakso Madra, Jakarta.
[3]. V.L.MALEEV, M.E.DR.AM, 1995, ”Operasi dan Pemeliharaan Mesin Diesel”, Penerbit Erlangga, Jakarta.
[4]. Suyanto, 1982, “Sistem Pendinginan Motor Diesel”, www.bppptegal.com
[5]. Wiranto Arismunandar, 2005, “Penggerak Mula Motor Bakar Torak” Penerbit ITB Bandung.
[6]. J.P.Holman, 2009, “Heat Transfer Marine”, Penerbit McGraw-Hill Science
[7]. PIP Makassar, 2012, Pedoman Penulisan Skripsi, Makassar: Tim PIPMakassar.
[8]. http://www.maritimeworld.web.id3.
Published
2022-08-01
Section
Articles