ANALISIS MENINGKATNYA TEMPERATUR AIR PENDINGIN PADA MESIN INDUK DI ATAS KAPAL MT.LINTAS IX

  • Masdin Masdin Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Jumardin Jumardin Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Abdoellah Djabier Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Pendingin Air Tawar, Perpindahan Panas

Abstract

MASDIN, 2018, Analisis Meningkatnya Temperatur Air Pendingin pada Mesin Induk di MT.LINTAS IX, (Dibimbing oleh Jumardin dan Abdoellah Djabier). Mesin induk merupakan suatu pesawat yang memiliki peranan yang sangat penting di atas kapal untuk menunjang pengoperasian kapal, sehingga kapal dapat beroperasi dengan baik. Dalam mendukung kinerja mesin induk, terdapat beberapa sistem di dalamnya dan salah satu diantaranya adalah sistem pendingin air tawar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab meningkatnya temperatur air pendingin pada mesin induk di atas kapal yang di sebabkan tekanan air pendingin menurun karena adanya kebocoran pada pipa instalasi sistem pendingin dan penyerapan panas fresh water cooler tidak optimal. Penelitian ini dilaksanakan di atas kapal MT.LINTAS IX selama dua belas bulan yakni dari bulan Maret 2016 sampai Maret 2017. Sumber data yang diperoleh adalah data primer yang diperoleh langsung dari tempat penelitian dengan cara Observasi dan wawancara langsung dengan Kepala Kamar Mesin (KKM) dan awak kapal lainnya khususnya awak kapal bagian mesin. Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari dokumen-dokumen serta literature-literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa banyaknya kotoran yang terbawa oleh air laut pada Fresh Water Cooler, sehingga penyerapan panas menjadi berkurang, ditambah lagi kapasitas air pendingin yang berkurang, yang mengakibatkan proses penyerapan panas tidak maksimal. 

References

[1]. Arismunandar, W. (1995). Penyegaran Udara, Jakarta: Jilid 7, PT. Pradnya Pramita.
[2]. Daryanto. (2006). Teknik Pendinginan, Bandung: Yerama Widya.
[3]. Hara,S. (1989). Refrigeransi dan Pengkondisian Udara, Jakarta: Erlangga.
[4]. Sumanto. (2001). Dasar-Dasar Mesin Pendingin, Yogyakarta: Andi.
[5]. Yudianto, A.(2002). Teknik Reparansi Mesin Pendingin untuk Kulkas dan AC,Demak: Media Ilmu.
[6]. Henry Sunaryo – Haryanto – Triyono, Perawatan dan Perbaikan Motor Diesel Penggerak Kapal.
[7]. P. Van Maanen, Motor Diesel Kapal, Nautech Jilid I.
[8]. V.L. Maleev, M.E., DR. AM. (1991). Operasi dan Pemeliharaan Mesin Diesel,Jakarta: Elanga.
[9]. Wiranto Arismunandar, Koichi Tsuda. (2002). Motor Diesel Putaran tinggi, Jakarta:PT. Pradnya Paramita.
Published
2022-08-01
Section
Articles