ANALISIS TIDAK NORMALNYA KINERJA KOMPRESOR SIDE PADA TURBO CHARGE MESIN INDUK DI KAPAL MV SUNERGON

  • Khevin Victor Watania Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Thurbo Charge, Turbin, Compressor Side

Abstract

Khevin Victor Watania, 2018. Analisis Tidak Normalnya Kinerja Compressor Side Pada Turbo Charge Mesin Induk Di Kapal MV. Sunergon. (Dibimbing oleh Abu Bakar dan Muhlis Muhayyang). Turbo charge merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menghasilkan udara
bertekanan lebih dari 1 atmosfer yang sangat dibutuhkan dalam proses pembakaran didalam silinder. Proses ini memanfaatkan energi gas buang yang mendorong sudu-sudu turbin yang berhubungan langsung dengan kompresor sehinga keduanya dengan rotation per minute (rpm) yang sama dimana compressor side berfungsi menghisap udara masuk ke dalam ruang bakar pada motor diesel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penyebab tidak optimalnya kinerja turbo charge main engine di kapal MV. Sunergon. Penelitian ini dilakukan ketika penulis melaksanakan praktek laut (prala) di atas kapal MV. Sunergon milik perusahaan Sunergon Shipping C.V Netherlands, selama 12 bulan dan 11 hari yakni dari tanggal 13 Juli 2016 sampai dengan 24 Juli 2017. Sumber data diperoleh langsung dari tempat penelitian dengan melakukan observasi terhadap turbo charge dan studi pustaka melalui dokumen-dokumen, literatur-literatur, manual book instruction serta buku-buku yang berkaitan dengan judul skripsi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat jelaga atau karbon pada turbine blade sehingga putaran antara turbin dan kompresornya tidak seimbang. Hal ini mengakibatkan terjadinya ledakan pada turbo (Surging) ketika melaksanakan pencucian compressor side dan pada saat cuaca buruk yang mempengaruhi kinerja dari turbo charge. 

References

[1]. Arismunandar, W. (2002). Turbin Gas Dan Motor Propulsi. Bandung 40132: ITB bandung.
[2]. Kulshrestha, S.K. (1983). A Textbook Of Applied Thermodynamics, Steam And Thermal Engineering. Diterjemahkan oleh Budihardjo, I Made Kartika D., Budiarso. Termodinamika Terpakai, Teknik Uap Dan Panas, Jakarta 10430 : Ui-Press.
[3]. Daryanto (2013). Teknik Merawat Automobil Lengkap. Bandung: Yrama Widya.
[4]. Arismunandar, W. (1988). Motor Bakar Torak. Bandung: ITB Bandung.
[5]. Instruction Manual Book, (05 April 2016). ABB Turbocharging System, ABB Turbo Systems Ltd. Type TPS 57E01.
[6].Winaryo, (2016) Perawatan Mesin (online), (https://winaryo.wordpress.com /category/bahan-kuliah/perawatan-mesin/. Diakses pada tanggal 20 Juni 2017).
[7]. Riman. (2015) .Pengaruh Putaran Turbocharger Dalam Meningkatkan Mesin Induk Di Kapal MV. Viking Vamguard.(Disertasi yang tidak dipublikasikan). Makassar: Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Jurusan Teknik.
Published
2022-08-01
Section
Articles