ANALISIS TIDAK NORMALNYA DIESEL ENGINE PEMBANGKIT LISTRIK (GENERATOR) SEHINGGA MENGAKIBATKAN BLACK OUT DI MT.ELEANOR 1

  • Jaika Upa Paseru Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Abu Bakar Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Syahrisal Syahrisal Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Tegangan, Beban, Listrik

Abstract

Jaika Upa Paseru, 2018, Analisis Tidak Normalnya Diesel Engine Pembangkit Listrik (Generator) Sehingga Mengakibatkan Black Out di MT.Eleanor 1, (Dibimbing oleh Abu bakar dan Syarisal). Black out adalah suatu keadaan dimana listrik mengalami suatu gangguan atau masalah yang terjadi akibat kelebihan, ketidak mampuan suatu tegangan listrik dan
arus yang mengalir terlalu tinggi atau besar. Black Out itu terdiri atas 2 (dua) yaitu kelebihan tegangan dan kekurangan tegangan, apabila terjadi black out maka tidak ada satupun peralatan listrik yang dapat berfungsi dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya Black out generator pada diesel engine.
Penelitian ini dilaksanakan di atas kapal MT.Eleanor 1, salah satu kapal yang dimiliki oleh PT.BAHARI NUSANTARA Selama 12 Bulan dari bulan Desember 2015 sampai Desember 2016. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil pengamatan dengan cara observasi langsung di lokasi penelitian serta data diperoleh dari literatur
dan dokumen-dokumen kepustakaan yang berkaitan dengan judul skripsi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemakaian beban yang berlebihan dapat mengakibatkan terjadinya Black Out generator pada Diesel Engine. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan beban berlebihan yaitu antara lain: Akibat beban yang bekerja terusmenerus, beban terputus-putus, tegangan lebih, serta pemakaian listrik yang kurang efisien

References

[1]. Arismunandar, Wiranto dan Koichi Tsuda, 2008, Motor Diesel Putaran Tinggi, Cetakan Kesebelas. Penerbit Pradnya Paramita, Jakarta.
[2]. BPLPD Barombong 1982. Permesinan Kapal (Marine Engine) I, Japan JICA.
[3]. BPLPD Barombong 1982. Permesinan Kapal (Marine Engine) III,Japan JICA.
[4]. Maleev V.L me. DR. AM 1991, Operasi dan Pemeliharaan Mesin Diesel, PT. Erlangga, Jakarta.
[5]. Nur, Rusdi dan Suyuti, A.Muhammad, 1999, Analisis Pengaruh Tekanan Injektor Terhadap Kinerja Mesin Diesel, Tugas Akhir UNHAS, Ujung Pandang.
[6]. PIP Makassar 2006, Mesin Penggerak Utama, Jakarta Departemen Perhubungan.
[7]. Ridwan Muhammad 2010, Generator Arus Bolak-Balik (online), (http:// Teknik Dasar Generator, diakses 15 April 2010).
[8]. Ridwan Muhammad 2010, Mesin Diesel (online), (http://Prinsip Kerja Mesin Diesel, Diakses 15 April 2010).
[9]. Suryatmo F. 1986, Teknik Listrik Arus Searah, Jakarta PT. Bina Aksara.
[10], Sumanto Drs. 1995, Mesin Arus Searah, Jakarta PT. Andi Off set.
[11[. Sukoco, M.Pd., dan Arifin Zainal, M.T. 2008,Teknologi Motor Diesel, Bandung PT. Alfabeta.
[12]. Suryatmo F. 1984, Teknik Listrik Motor dan Generator Arus Bolak Balik, Bandung PT. Alumni.
[13]. Van Maanen P.1983, Motor Diesel Kapal, Jilid I,Jakarta. Erlangga
Published
2022-07-28
Section
Articles