PERANAN OIL PREVENTION POLUTION DRILL DALAM UPAYA MENANGGULANGI PENCEMARAN MINYAK PADA SAAT KEGIATAN OPERASIONAL DI ATAS KAPAL MT. AU LEO

  • Jimmy Mardiyanto Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Marthen T Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Zaenal Yahya Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: SOPEP, Latihan Tumpul Minyak, Pencemaran Minyak

Abstract

Jimmy Mardiyanto, 2018 Peranan oil pollution drill dalam upaya menanggulangi pencemaran minyak pada saat kegiatan operaional di atas kapal MT. AU LEO (Dibimbing oleh Marthen Todingan’ dan Zaenal Yahya). Sesuai MARPOL 1973/1978 dimana semua kapal wajib menyelenggarakan adanya penanganan pencegahan pencemaran minyak, maka perlu ditinjau kembali semua hal yang berkaitan dengan rencana penanggulangan keadaan darurat pencemaran minyak (SOPEP). Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui mengapa penanganan tumpahan minyak pada saat kegiatan operasional di atas kapal tidak optimal. Penelitian ini dilaksanakan di atas kapal MT. AU LEO salah satu armada tanker milik Maximus Marine pte ltd. Singapura. Saat itu penulis sedang melaksanakan praktek laut (PRALA) selama kurang lebih satu tahun. Sumber data yang diperoleh adalah data primer yang diperoleh langsung dari tempat penelitian dengan cara pengamatan sesuai dengan literatur – literatur yang berkaitan dengan judul skripsi dan juga dari data di atas kapal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak anak buah kapal yang belum memahami tentang peranan latihan menanggulangi pencemaran minyak dalam kegiatan operasional kapal, khususnya MT. AU LEO.

 

References

[1]. Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
[2]. Dowmnard, Jhon M. Manajemen Kapal. Fairplay Publications.
[3]. Herujito, Yayat M. 2001. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta : PT. Grasindo.
[4], Manullang, M. 2001. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta : Ghalia Indonesia.
[4]. Martopo, Arso. 2004. Manajemen Armada dalam Bisnis Pelayaran.
[5], Moekijat. 1984. Kamus Management. Bandung :
[6]. Poerwanto. Dasar-dasar Manajemen dan Kepemimpinan di Kapal.
[7]. Riduwan. 2003. Dasar-dasar Satistika. Bandung : Alfabeta.Dasardasar Manajemen. PT. Bumi Aksara.
[8]. Sigit, Soehardi. 1999.Pengantar Metodologi Penelitian Sosial-BisnisManajemen.
[9]. Suwiyadi, M. 1999. Transportasi Laut dan Bisnis Pelayaran.
[10]. LKPP , 2010 . Pengantar Pengadaan Barang di Indonesia (online) (http://www.lkpp.go.id/v2/files/content/file/Modul_Pengantar_PB JP_1-10.pdf)
Published
2022-07-28
Section
Articles