Analisis Kurang Optimalnya Tekanan Injektor Pada Mesin Induk di MT. PATRA TANKER 3

  • Aksel La'lang Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Muh Jafar Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Hasiah Hasiah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Bahan Bakar, Injektor, Mesin Induk

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan pengabutan bahan bakar dari injektor ke mesin induk menjadi kurang optimal dan mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi injektor tidak bekerja dengan baik. Penelitian dilaksanakan di MT. PATRA TANKER 3 milik perusahaan PT. PERTAMINA TRANS KONTINENTAL. Waktu penelitian pada tanggal 08 Januari 2019 sampai dengan tanggal 20 Januari 2020. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penyumbatan pada lubang nozzle, akibat dari bahan bakar yang kotor karena kurangnya pemeliharaan terhadap alat-alat pendukung sistem bahan bakar seperti tangki-tangki dan saringan bahan bakar yang mengakibatkan terjadinya pembakaran yang tidak sempurna.

References

[1]. Anonim, instruction manual book MAN B&W 8L 32/40.
[2]. Henshall. J, 1978, Marine Engineering Practice Volume 2.
[3]. Karyanto. E, 2000,Panduan Reparasi Mesin Diesel, penerbit Pedoman Ilmu jaya, Jakarta.
[4]. Maanen. P.V,1990, Motor Diesel Kapaljilid 1.
[5]. Maleev. V. L, 1991, Operasi Dan Pemeliharaan Mesin Diesel, Penerbit Erlangga, Jakarta.
[6]. Sunaryo, Haryanto, Triyono, 1998, Perawatan Dan Perbaikan Motor Diesel Penggerak Kapal. Departemen pendidikan dan kebudayaan. Jakarta.
Published
2022-07-27
Section
Articles