Analisis Meningkatnya Temperatur Minyak Lumas Pada Motor Bantu Diesel Generator di SV. SURF MITRA

  • M. Adam Maulan Nasrullah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Iswansyah Iswansyah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Syahrizal Syahrizal Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Generator, Temperatur, Cooler, Minyak Lumas, Pompa

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui faktor-faktor penyebab meningkatnya temperatur minyak lumas pada diesel generator dan mengetahui bagaimana cara menanggulangi meningkatnya temperatur minyak lumas pada diesel generator khususnya bagi seorang masinis. Penelitian ini dilaksanakan di SV. SURF MITRA milik PT. SURF MARINE INDONESIA, dari tanggal 21 Januari 2019 sampai dengan 22 Januari 2020 dengan metode penelitian kualitatif dan data yang diperoleh adalah data primer yang diperoleh langsung dari tempat penelitian dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan Kepala Kamar Mesin (KKM) dan awak kapalnya, khususnya awak kapal bagian mesin. Serta dokumen-dokumen dan literatur-literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya temperatur minyak lumas pada motor bantu diesel generator diakibatkan oleh penyerapan panas L.O Cooler kurang sempurna karena penyumbatan pada pipa kapiler, ditambah lagi dengan tekanan pompa pendingin air laut yang menurun. 

References

[1]. Laslie Jackson, General Engineering Knowledge. British Library. Bodmin, cornwall.
[2]. Rayner Joel, 1996, Basic Engineering thermodynamics. 90 Tottenham Court Road, London WIT 4LP.
[3]. Robert L. Mott, 1990, Applied Fluid Mechanics. Marriill publishing company,United States America.
[4]. Rowa, Sarifuddin, ”Permesinan Bantu”, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Makassar, 2002.
[5]. Thomas D. Morton, Motor Engineering Knowledge. ABR Company limited.United Kingdom.
[6]. V.L MALEEV, 1991, Konstruksi, Operasi, Pemeliharaan dan Perbaikan Mesin Diesel. Erlangga, Jakarta 10430.
Published
2022-07-27
Section
Articles