Analisis Tekanan Minyak Lumas Pada Mesin Diesel Generator di MV. MERATUS JAYAWIJAYA

  • Iqbal Fadhillah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Samsul Bahri Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Ahmad Fauzi Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Gear Pump, Strainer, Gear, Bearing

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor yang mempengaruhi menurunnya tekanan minyak lumas pada mesin diesel generator. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di MV. Meratus Jayawijaya dari tanggal 9 November 2018 sampai tanggal 19 Desember 2019 selama 13 bulan 10 hari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi menurunnya tekanan minyak lumas pada mesin diesel generator yaitu: 1). kotornya saringan minyak lumas/strainer yang yang mengakibatkan hambatan aliran minyak lumas (L.O) ke mesin diesel generator, 2). Kurang optimalnya kinerja gear pump, dikarenakan terjadinya keausan pada komponennya seperti gear ataupun pada bearing.

References

[1]. Aslang. (2000). Motor Diesel dan Turbin Gas. Politeknik Ilmu PelayaranMakassar, Makassar.
[2]. Beumer. B. J. M. (1994). Jilid II Ilmu Bahan Logam, Jakarta.
[3]. BP3lP. (1999). Permesinan Bantu, Makassar: PIP Makasar.
[4]. Casand, Van. Pesawat Bantu Pompa Roda Gigi, Ujung Pandang : perpustakaan BPLP Ujung Pandang
[5]. Harsanto. (1997). Motor Bakar, Penerbit Djambatan.
[6]. IR. Suharto. Manajemen Perawatan Mesin, Jakarta: PT. Rineka Cipta
[7]. Prianbodo, B. (1995) Perawatan Mesin Diesel. Surabaya
[8]. P.V Maleev, M.E., DR. A M. (1996). Operasi Dan Pemeliharaan Mesin Diesel, Jakarta.
[9]. P. Van Meanan. Motor Diesel Kapal Jilid II, Jakarta.
[10]. S.H Henshall. Medium And High Speed Diesel Engines For Marine Use. Sunderland and London
[11]. Sonaryo, H – Haryanto – Triyono. (2006). Perawatan dan Perbaikan Motor Diesel Penggerak Kapal. Jakarta.
Published
2022-07-27
Section
Articles