Analisis Kurang Optimalnya Kinerja Bosch Pump Bahan Bakar di MT. MICHIKO

  • Muhammad Fais Jufri Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Abdul Basir Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Syahrizal Syahrizal Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Perawatan, Mesin Induk, Bosch Pump

Abstract

Tujuan penelitian Untuk mengetahui dan menganalisa secara umum mekanisme kerja dari bosch pump, Mengetahui masalah yang sering terjadi pada bosch pump dan Tentang terjadinya kegagalan atau kurangnya tekanan bahan bakar dari hasil bosch pump. Penelitian ini dilaksanakan pada MT. Michiko milik PT. BAHARI NUSANTARA mulai tanggal 16 Desember 2018 sampai dengan tanggal 26 Desember 2019. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan penelitian bersifat kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi keausan terhadap plunyer bosch pump mesin induk disebabkan oleh tidak sempurnanya proses pembakaran pada ruang bakar silinder. 

References

[1]. Rabinan & Arifin, Z. (2011). System Bahan Bakar Motor Diesel. Jakarta: GrahaIlmu.
[2]. MT.MICHIKO. (1979). Instruction manual book. Japan: Akasaka Mitsubishi Type 6 DK-26.
[3]. MT. MICHIKO. (2002). Engine Log Book.Jakarta:Engine Log Book MT. MICHIKO.
[4]. Karyanto, E. (2000). Teknik Diesel Bab XV. Jakarta: Penerbit Pedoman Ilmu Jaya
[5]. Suharto. (2007). Manajemen Perawatan Mesin. Jakarta: PT. RinekaCipt.
[6]. Taylor, D. A. (1991). Introduction To Marine Engineering. Jakarta: BhrataraKarya.
[7]. Nurdin, H. (1999).Permesinan Bantu. Jakarta:Corps Perwira Pelayaran Besar (BP2IP).
Published
2022-07-27
Section
Articles