Analisis Kebocoran Pada Exhaust Valve Mesin Induk di MT. MELAHIN P. 36

  • Euguenius Bayu Krisna Bandaso Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Mafrizal Mafrizal Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Henny Pasandang Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Kebocoran, Exhaust Valve, Mesin Induk

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendapatkan pengaruh kebocoran pada exhaust valve khususnya pada mesin induk kapal. Penelitian ini dilaksanakan di MT. MELAHIN P.36 selama kurang lebih 1 (satu) tahun yaitu pada tanggal 11 November 2017 sampai dengan tanggal 11 November 2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data secara koresional, sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu secara observasi dan melakukan penelitian dengan teknik kualitatif di MT. MELAHIN P. 36. Hasil penelitian menunjukkan kebocoran exhaust valve mesin induk mengakibatkan naiknya kinerja mesin induk temperatur gas buang kapal dan serta bunyi knocking pada ruang selinder mesin induk.

References

Karyanto, (2002). System Bahan Bakar Motor Diesel (online), http://www.bppptegal.com/v1/index.php? option=com_content&view=article&id=226:sistem-bahan-bakarmotordiesel&catid=44:artikel&Itemid=85 (diakses 15 september 2019) NSOS.(1990:39), Perawatan Mesin Diesel (online),https://docplayer.info/115073066-Analisa-perawatan-
katupisapdan-katup-buang-untuk-mempertahankan-daya-motor-indukpada-kapal-kmjuwita-satu-tugas-akhir.html (diakses 15 september 2019)V.L. Maleev, (1991). Operasi dan Pemeliharaan Mesin Diesel, Erlangga Jakarta Yuswardi. (2002), Perawatan Katup Isap Dan Katup Buang Untuk Mempertahankan Daya Motor Induk (online) https://www.scribd.com/document/424962473/Analisa-PerawatanKatupIsap-Dan-Katup-Buang-Untuk-Mempertahankan-Daya-Motor-IndukPada-Kapal-Km-Juwita-Satu-Tugas-Akhir-1
(diakses 15 sepember 2019)
Published
2022-07-26
Section
Articles