Analisis Perawatan Tutup Palka Jenis Hidrolik di MV. SEA STAR 5

  • Fauzan Segara Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Sahabuddin Sunusi Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Joko Purnomo Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Optimalisasi, Penutup Palka Jenis Hidrolik

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui proses bongkar muat yang sangat dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya berkaitan dengan penutup palka (hatch cover), MV. SEA STAR 5. Penelitian dilaksanakan di MV. Sea Star 5 PT. SGS merupakan salah satu agency dari kapal tersebut. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 03 Desember 2018 sampai dengan tanggal 11 Oktober 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Variabel dalam penelitian ini dibedakan dalam dua kategori utama, yaitu Variabel bebas (independen), dan terikat (dependen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perawatan Hatch Cover di MV. Sea Star 5 tidak sesuai dengan Plan Maintenance System, maka dari itu para awak kapal harus diberikan pemahaman tentang Plan Maintenance System, seperti melakukan drill atau safety meeting dan mengutamakan perawatan hatch cover agar kegiatan bongkar muat berjalan dengan lancer.

References

[1]. Achsan, H. (2016). Mengoprek Planned Maintenance System (PMS).Rumah Harapan(online). http://www.hairulachsan.com/2016 /06/mengoprek-planned-maintenance-system.html. [2]. Asih, S. R. (2016). Tutup Palka / Hatch Cover. Konstruksi Kapal 1 Berlian(online). https://berlianarswendokonstruksikapal1.wordpress.com
[3]. Jusak. J.H, (2007). Perawatan Dan Perbaikan Mesin Kapal. Jakarta: Balai Besar Pendidikan Penyegaran Dan Peningkatan Ilmu Pelayaran.
[4]. Lasse, D.A. (2012). Manajemen Peralatan (Aspek Operasional Dan Perawatan). Jakarta: PT. Rajagrafindo.
[5]. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
[6]. Rumangkang, Bruce (2007). Modul Bahan AjarTeknik Perawatan Dan Perbaikan Kapal. Makassar: Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.
Published
2022-07-26
Section
Articles