Analisa Terjadinya Over Flow Pada Fuel Oil Purifier di MT. ANGELIA 2
Abstract
Tujuan peneilitan mengetahui penyebab tidak bekerjanya membran reducing valve sehingga menyebabkan terjadinya over flow pada F.O purifier dan juga mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kerusakan main seal ring. Penelitian dilaksanakan di atas kapal MT. ANGELIA 2 milik PT. Bahari Nusantara mulai dari tanggal 13 Januari 2019 sampai dengan 15 Januari 2020. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif yaitu mengamati secara langsung penyebab kerusakan main seal ring kemudian dicarikan penyebabnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa telah terjadi kerusakan pada membran reducing valve pada suplai air tawar tekanan tinggi sehingga air tidak dapat tersupplai ke dalam purifier untuk proses pembukaan bowl dan mengakibatkan minyak terbuang ke sludge tank melalui celah yang tidak tertutup antara bowl body dan main silinder. Oleh sebab itu, perawatan terhadap komponen purifier sesuai dengan buku petunjuknya merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan kinerja dari purifier.
References
(2). Badudu J.S dan Zain, Sultan Mohammad, 1996. Kamus umum bahasa indonesia. Pustaka Sinar Harapan: Jakarta:
(3). Diklat Khusus Perkapalan Pertamina, 2003, Internasional Ship and Port Facility Security Code edisi 2003, Jakarta.
(4). Direktur Jenderal Perhubungan Laut, 2004, Modul Internasional Ship and Port Facility Security Code, Jakarta.
(5). Depdikbud, 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pandom Media Nusantara: Jakarta.
(6). IMO, Safety of Life at Sea (SOLAS 1974), London.
(7). Marbun, B.N, 2003, Kamus Manajemen, Gramedia: Jakarta.
(8). Nasution, S, 2006, Metode Research, Unika Atma Jaya: Jakarta.
(9). Ridwan, 2003, Dasar-dasar Statistika, Alfabeta: Bandung.
(10). Sigit, 2001, Metodologi Penelitian dan Penulisan, Gunung Agung: Jakarta.
(11). Sukardi, 2008, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bumi Aksara: Jakarta.
(12). https://www.e-jurnal.com/2016/08/analisis-over-flow-padapengopera