Analisis Penyebab Tidak Kedapnya Cargo Oil Tank Pada Saat Proses Bongkar Muat di MT. PEGADEN PERTAMINA

  • Ira Nashirah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Welem Ada Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Agustina Setyaningsih Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Tidak Kedap, Bongkar, Muat

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui penyebab tidak kedapnya Cargo Oil Tank pada saat proses bongkar muat di MT. PEGADEN. Penelitian dilaksanakan di MT. PEGADEN salah satu armada kapal tanker milik PT. Pertamina Shipping. Dilaksanakan mulai tanggal 30 September 2018 sampai 1 Oktober 2019 dengan menggunakan metode penelitian pengamatan secara langsung pada objek penelitian. Sumber data adalah data primer yang langsung diperoleh dari tempat penelitian dengan cara observasi, wawancara dengan beberapa crew kapal serta pihak lain yang terkait dengan judul skripsi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak kedapnya cargo Oil tank di kapal MT. Pegaden/P.1024 terjadinya karena rusaknya seatring valve di dalam tanki

References

(1). Witherby & CO. LTD (2006). Internasional Safety Guide for Oil Tankers and Terminals. United Kingdom. Witherbys Publishing.
(2). Brown, Son & Ferguson. (1993). Tanker Handbook for Deck Officers. Darnley Street. Great Britain .
(3). Suwadi. (2006). Kamus Istilah Tankers. Jakarta. Pertamina Perkapalan.
(4). Radiks Purba. (1997). Angkutan Muatan Laut. Jilid III. Jakarta. Rineka Cipta
(5). Martopo dan Soegiyanto. (2004). Peralatan Bongkar Muat. Semarang. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
(6). Ebta Setiawan (2012). Arti Kata Muat-Kamus Bahasa Indonesia (online) https://kbbi.web.id/muat. Diakses pada tanggal 10 April 2020
(7). Muh. Mansyur. (2007) Mengenal Oil Tanker dan Chemical Tanker (online) https://jurnalmaritim.com. Diakses pada tanggal 10 April 2020
(8). Hugo Nano Ansanay. (2015) Prinsip Penanganan dan Pengaturan Muatan. https://hugonano.blogspot.com/2015/05/prinsip-penanganan-dan-pengaturan-muatan_27.html?=1. Diakses pada tanggal 11 April 2020
Published
2022-07-22
Section
Articles