Analisi Implementasi Sistem Inaportnet Terhadap Waktu Tunggu Pandu dan Waktu Tunggu Sandar Pada PT. Orela Bahari Mandiri

  • Agung Agsar Prasetia Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Sitti Syamsiah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Novianty Palayukan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Sistem, Inaportnet, Waktu Tunggu Pandu, Waktu Tunggu Sandar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya waktu tunggu pandu dan waktu tunggu sandar pada PT. Orela Bahari Mandiri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 02 September 2018-02 September 2019. Sumber data yang diperoleh adalah data primer yang langsung dari tempat penelitian dengan cara observasi, wawancara langsung dengan petugas atau karyawan dan literatur-literatur yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya waktu tunggu sandar dan waktu tunggu pandu pada PT. Orela Bahari Mandiri disebabkan karena beberapa faktor antara lain, ketika sistem Inaprtnet eror, ketika ajuan permohonan pandu dari agen pelayaran tidak terhubung dan disetujui oleh PT. Pelindo II untuk pelayanan kapal karena tidak dapat diakses data dan informasi kapal yang akan masuk area pelabuhan, adanya cuaca yang buruk dan tidak mendukung, ketersediaan kapal tunda/panduk serta kondisi dermaga yang penuh ketika kapal yang akan diganti di dermaga belum selesai melaksanakan kegiatan bongkar/muat

References

(1). Arikunto. (2012). Metodologi Penelitian. Edisi Pertama. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.
(2). Biro Komunikasi dan Indormasi Publik. (Rabu, 04 November 2015). Inaportnet, Sistem Informasi Standar Pelayanan Kapal dan Barang (online). (http://dephub.go.id/post/read/inaportnet,-sistem-informasi-standar-pelayanan-kapal-dan-barang diakses pada tanggal 1 November 2019
(3). Definisi Unsur-unsur, dan Jenis-jenis Sistem (online). https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/pengertian-sistem.html diakses pada tanggal 4 November 2019).
(4). Dunia Maritime. (26 Februari 2017). Bagaimana Tara Cara Pelayanan Sistem Inaportnet (online) (httos://sea-and-port.blogspot.com/2017/02/bagaimana-tata-carapelayanan-sistem.html. Diakses pada tanggal 1 November 2019
(5). Huboyo, H. S., Andarani., P., & Mochtar Hadiwidodo, M (2018) Inventarisasi dan Sebaran Emisi Aktivitas Pelabuhan dengan Aermod View. Vol 15, No. 1.
(6). Indrajit, Eko. (2012). Teknologi Informasi. Edisi Pertama. Penertbit Salemba Empat. Yogyakarta.
(7). M. A. Ardyana, (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kapal Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak (Studi pada Jasa Pemanduan Kapal).
(8). Peraturan Menteri Perhubugan Republik Indonesia No. PM57 Tahun 2015 tentang Pemanduan dan Penundaan Kapal.
(9). Kurniawan, T. , Syamsiah, S., Alfiani, D., (2013) Proses Clearance In and Out Kapal Milik PT. Soechi Line di Pelabuhan Tanjung Priok. Venus, 1(2), 84-95
Published
2022-07-22
Section
Articles