Analisis Pelaksanaan Bongkar Muat Batubara Menggunakan Floating Crane Pada MV. ZAGREB di Muara Satui Anchorage

  • Afif Surya Alhakim Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Marthen Makahaube Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Muhlis Muhayyang Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Bongkar muat, Batu bara, Floating crane

Abstract

Tujuan Penelitian Ini untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan adanya keterlambatan proses bongkar muat batu bara menggunakan Floating Crane dan cara mengoptimalkan proses bongkar muat tersebut di MV. ZAGREB. Penelitian ini dilakukan di PT. Indo Dharma Transport Cabang Satui, Jl. Provinsi KM 165 - Gang, Teluk dalam RT. 06 No. 34 Sinar Bulan, Kec. Satui, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Indonesia, selama 12 bulan yakni dari Agustus 2019 sampai dengan Agustus 2020. Metode yang digunakan yaitu analisis kualitatif, Sumber data di peroleh langsung dari tempat penelitian dengan cara dokumentasi dan observasi secara langsung pada saat terjadi bongkar muat batu bara, juga dengan adanya tambahan dari sumber pustakaan. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor lambatnya proses pemuatan batu bara pada MV. ZAGREB di Muara Satui Anchorage yaitu adanya kerusakan alat bongkar muat dan cuaca buruk yang membuat proses bongkar muat menjadi tidak optimal.

References

(1). Idris, A. P. (2018) Analisis Proses Bongkar Muat Batu Bara Menggunakan Floating Conveyor di Muara Taboneo Anchorage Banjarmasin. Makassar : Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Ketatalaksanaan Angkutan laut dan Kepelabuhanan.
(2). Martopo Arso dan Herry Gianto. (2004). Pengoperasi Pelabuhan Laut. Semarang : Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
(3). Suwiyadi (1999). Transportasi Laut dan Bisnis Pelayaran. Semarang : Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
(4). Keputusan Menteri Republik Indonesia. (2007). Sistem dan Prosedur Pelayanan Kapal, Barang dan Penumpang pada Pelabuhan Laut yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kantor Pelabuhan, Nomor 21 Tahun 2022.
(5). Peraturan Menteri Republik Indonesia (2016).
(6). Penyelenggaraan dan Pengusahaan Bongkar Muat Barang dari dan ke Kapal, Nomor 152 Tahun 2016
(7). Floating Crane. (2020) Pengertian, Cara Kerja, Jenis (Online). https://dutasaranarental.com/blog/floating-crane/. diakses pada tanggal 21 November 2020
(8). Wahyuni T.E. , Sunusi, S., Jaya, I., & Senitriany, B.N. (2009) Analisis perkembangan transportasi Laut Dalam Wilayah Sulawesi untuk mendukung Tol Laut. Venus, 7(13), 61-74
(9). Zona Referensi. (2020). Pengertian Peneliti Menurut Para Ahli, KBBI dan secara umum (online). http://www.zonareferensi.com / pengertian analisis menurut-para-ahli-dan-secara-umum/. Diakses pada tanggal 19 November 2020.
Published
2022-07-21
Section
Articles