VENUS http://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/ejurnal-pip-mks <p>Kumpulan Jurnal Karya Ilmiah civitas akademik PIP Makassar dan seluruh pemerhati bidang Pelayaran dan Pendidikan Kepelautan.</p> en-US hasiah@pipmakassar.ac.id (Hasiah) asnur@pipmakassar.ac.id (asnur muh) Mon, 03 Aug 2020 02:46:04 +0000 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENANGANAN DOKUMEN KAPAL DI KANTOR SYAHBANDAR OTORITAS PELABUHAN (KSOP) MUNTOK DARI PT. ORELA BAHARI http://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/ejurnal-pip-mks/article/view/202 <p>Juli Sastro Situmorang, 2018, “Penanganan Dokumen Kapal di Kantor<br>Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Muntok dari PT. Orela Bahari ,<br>(dibimbing oleh Sitti Syamsiah, dan Novianty Palayukan). Sejalan dengan<br>pertumbuhan arus kegiatan angkutan laut dan kegiatan kapal di<br>pelabuhan, maka dalam hal ini pihak direktorat jenderal perhubungan laut<br>sangat berperan penting khususnya pihak Kantor Syahbandar dan<br>Otoritas Pelabuhan dalam mengatur peranan ketertiban, pengawasan dan<br>keselamatan pelayaran antar pulau yang telah diatur dalam undang –<br>undang pelayaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui<br>penyebab belum maksimalnya penerbitan Surat Persetujuan Berlayar dan<br>juga pemeriksaan Dokumen Kapal. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor<br>Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Muntok dari PT. Orela Bahari selama<br>lebih dari 5 (Lima) bulan mulai dari 28 November 2016 sampai dengan 18<br>Mei 2017. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dari dalam<br>Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Muntok dengan cara<br>observasi dan wawancara langsung berupa pertanyaan yang diajukan<br>kepada pihak terkait serta teknik dokumentasi dengan menggunakan<br>kamera dalam pengambilan data. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa<br>penanganan dokumen dan penerbitan Surat Persetujuan Berlayar sudah<br>sesuai dengan peraturan yang berlaku namun ada beberapa perhatian<br>seperti pada banyaknya dokumen kapal atau perusahaan serta<br>pemeriksaan administrasi yang belum diperiksa, sehingga Penerbitan<br>Surat Persetujuan Berlayar terkadang tidak sesuai dengan waktu yang<br>ditentukan dan dalam prosedur penanganan dokumen kapal sudah sesuai<br>dengan aturan yang berlaku di Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan<br>Muntok dan juga dalam proses pemeriksaan dokumen kapal sudah sesuai<br>dengan peraturan tetapi dalam hal pemeriksaan sertifikat kapal dan fisik di<br>temukan kendala dimana para petugas atau pegawai yang bertugas tidak<br>ada ditempat sehingga dalam proses penerbitan dan perpanjangan<br>sertifikat kapal mengalami keterlambatan.</p> Juli Sastro Situmorang, Sitti Syamsiah, Novianty Palayukan Copyright (c) 2019 VENUS http://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/ejurnal-pip-mks/article/view/202 Sun, 02 Aug 2020 00:00:00 +0000 ANALISIS PELAKSANAAN EKSTERNAL AUDIT SMC OLEH BKI (BIRO KLASIFIKASI INDONESIA) PADA KAPAL TANKER MILIK PT. BAHARI NUSANTARA http://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/ejurnal-pip-mks/article/view/203 <p>M HERDIN SAIDI, 2018. “Analisis Pelaksanaan Eksternal Audit SMC Oleh<br>BKI (Biro Klasfikasi Indonesia) Pada Kapal Tanker Milik PT. Bahari<br>Nusantar” (Dibimbing oleh Sitti Syamsiah dan Didin Alfiani). Keselamatan<br>dan keamanan pengoperasian kapal merupakan kondisi terpenuhinya<br>persyaratan atas kewajiban yang harus dipenuhi dari kelaiklautan kapal<br>(seaworthiness) sesuai undang–undang NOMOR 17 tahun 2008 tentang<br>pelayaran pasal 17 ayat 2 yang meliputi keselamatan kapal, pencegahan<br>pencemaran dari kapal, pengawakan kapal, garis muat kapal dan<br>pemuatannya, kesejahteraan awak kapal dan kesehatan penumpang,<br>status hukum kapal manajemen keselamatan dan pencegahan<br>pencemaran dari kapal serta serta manajeman keamanan kapal.<br>Penelitian ini merupakan penelitian Lapangan secara studi kasus yang<br>menggunakan desain deskriptif, mengenai prosedur pelaksaanaan<br>eksternal audit Safety Management Certificate oleh BKI (Biro Klasifikasi<br>Indonesia) pada kapal tanker milik PT .Bahari Nusantara. Dari Hasil<br>penelitian pelaksanaan eksternal audit Safety Management Certificate<br>dapat berjalan dengan lancar dalam waktu yang efektif dan efisien sesuai<br>dengan jadwal (schedule). pelaksanaan eksternal audit oleh BKI (Biro<br>Klasifikasi Indonesia) pada kapal tanker tidak berjalan sesuai jadal karena<br>terjadinya Alteration/perubahan rute yang akan dilalui kapal yang akan<br>diaudit sehingga kapal tersebut tidak dapat tiba pada waktu yang<br>diinginkan dan proses eksternal audit yang telah disepakati jadwalnya<br>dengan pihak-pihak yang terlibat harus ditangguhkan dan diatur ulang<br>jadwalnya.</p> M Herdin Saidi, Sitti Syamsiah, Didin Alfiani Copyright (c) 2019 VENUS http://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/ejurnal-pip-mks/article/view/203 Sun, 02 Aug 2020 00:00:00 +0000