Analisa Sistem Monitoring Kegiatan Taruna di Unit Bimtarsis Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Main Article Content

H. Makmur
Muh. Dhahir
Rosliawaty Rosliawaty
Andi Asnita Novyanti
Irwan Jaya

Abstract

PIP Makassar adalah perguruan tinggi dengan sistem boarding school sehingga memerlukan pengelolaan kegiatan yang lebih professional dan modern. Bimtarsis sebagai salah satu unit yang menangani pembinaan mental, moral dan kesempatan peserta didik, dalam proses pembinaan tersebut sering ditemui taruna yang bermasalah, baik berupa pelanggaran, gangguan mental, dan pendataan yang baik menjadi sebuah database yang dikelola secara komputerisasi sehingga dapat di akses dengan mudah dan cepat. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan lokasi penelitian di unit bimtarsis PIP Makassar dan metode yang digunakan untuk menentukan seberapa pentingnya sistem monitoring kegiatan taruna di unit bimtarsis PIP Makassar adalah metode analisa statistik deskriptif.


Secara praktis penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi diri pada segenap pengelola lembaga PIP Makassar untuk meningkatkan layanan administrasinya, khususnya di unit bimtarsis dan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap data taruna melalui program pengadaan sistem monitoring kegiatan taruna di unit bimtarsis PIP Makassar.

Article Details

Section
Articles

References

Aprinda, Ria. Sistem Informasi Berbasis Web. Fakultas ilmu Komputer. Universitas Sriwijaya. 2010. Anonim. PERTIBTAR PIP Makassar Tahun 2012. Makassar. 2012.
Suhendar. 2004. Pengertian Object Oriented System Analysis and Design. Yogyakarta. Graha ilmu Jogiyanto. 2003. Pendekatan Prosedur Sistem Informasi. Jakarta. Graha ilmu
Sutopo, Hadi. Analisa Sistem Informasi. Jakarta. Salemba Empat. 2002.
Sippl, Charles. Pengertian Informasi dan Data. Kamus Komputer edisi 4
Munawar. Pemodelan Visual dengan UML. Yogyakarta. Graha ilmu. 2005
Tauri. Analisa dan Perancangan Sistem Pengolahan Data. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo. 1990.
Hamdijoyo. 2012. Modul Sistem Basis Data, (http://www.v behaviorurldefaultvmlo.html)
Satria, Yudi, dkk. 2012. Analisa dan Pengukuran Resiko Kerja Di atas Kapal. Jurnal Karya llmiah SAMOEDRA. Politeknik ilmu Pelayaran Makassar.
Sangadji ,Etta Mammang dan Sopiah. Metodologi Penelitian.Yogyakarta. Andi. 2010
Makmur, dkk. 2010. Pengaruh Tingkat Pelayanan Unit Asrama Terhadap Motivasi Belajar Taruna di PIP Makassar. Jurnal Karya ilmiah SAMOEDRA. Politeknik ilmu Pelayaran Makassar.