ANALISIS FAKTOR PEMILIHAN KAPAL OLEH PELAUT INDONESIA BERDASARKAN PSIKOGRAPHI BERBASIS SEGMENTASI DEMOGRAPHI

Main Article Content

Yudi Satria
Capt.
Adnan
andi Asnita novyanti

Abstract




Penelitian Forret dan Dougherty (2004) mengatakan bahwa salah satu faktor yang berpengaruh terhadap percepatan mendapatkan pekerjaan pada hampir semua profesi adalah modal sosial. Sementara penelitian Lowe dan Worsley (2002) mengatakan bahwa selain modal sosial, faktor skill non kognitif juga berperan penting dalam menentukan pilihan keputusan seseorang seperti keputusan karir. Salah satu elemen skill non kognitif ialah faktor psikographi. Berdasarkan latar belakang diatas penelitian ini akan menelaah faktor modal sosial dan skill non kognitif psikographi dari susunan nilai, dari individual pada profesi pelaut, terkait dengan faktor kesuksesan karir yaitu percepatan mendapatkan pekerjaan. Metode penelitian yang digunakan ialah melalui pengumpulan kuisioner tertutup. Subjek penelitian ialah sampel yang menerima kuisioner yang disebarkan, setelah kuisioner tersebar berhasil dikumpulkan kembali maka dilakukan proses seleksi dengan mengeluarkan kuisioner dengan jawaban yang kosong dan dengan jawaban yang meragukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor- faktor perilaku membangun jaringan yang berpengaruh signifikan terhadap pemilihan metode pencarian kerja jaringan sosial pada pelaut Indonesia adalah perilaku mempertahankan kontak dan aktivitas bersosialisasi, sedangkan aktivitas professional tidak berdampak terhadap intensitas penggunaan metode jaringan sosial dalam mencari kerja.




Article Details

Section
Articles

References

Goad R dan Mooney T. 2008 . The Impact of Sosial Networking in the UK. Hitwise and Experian join research report.
Lowe, C dan Worsley, A. 2002. Psychographic Segmentation Of Beijing Adult Population And Food Consumption. Asia Pacific Advances in Consumer Research Vol 5, Pages 265-273
Nielsen.2009. Global Faces and Networked Places A Nielsen report on Sosial Networking’s new Global Footprint. Nielsen Company.
Ofcom research. 2008. Sosial Networking A quantitative and qualitative research report into attitudes, behaviours and use. www.ofcom.org.uk