PENGARUH MOTIVASI, MINAT KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN MAKASSAR (STUDI KASUS PELAKSANAAN UTS DAN UAS)

Main Article Content

Arlizar Djamaan
Aslang
Subhana Rahman
Gradina Nur Fauziah
muh. Jafar

Abstract




Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar taruna politeknik ilmu pelayaran Makassar. Subjek pada penelitian ini berjumlah 253 taruna. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket motivasi dan angket kemandirian sertan menggunakan hasil belajar untuk porestasi belajar. Data penelitian yang diperoleh dianalisis dengan regresi sederhana untukm mengetahui pengaruh motivasi dan kemandirian terhadap prestasi belajar. Data dianalisis dengan bantuan program SPSS 22.0 for Windows. Hasil analisis hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi dengan prestasi belajar dengan nilai p signifikansi yang diperoleh = 0,000. Dan hipotesis kedua menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemandirian dengan prestasi belajar dengan nilai p signifikansi yang diperoleh = 0,000





; ; , taruna







Article Details

Section
Articles

References

Abdorrahman Gintings, (2001), Dasar-dasar motivasi dalam lingkungan kerja, Jakarta : Ghalia Indonesia
Abizer, 1998. Komunikasi organisasi Jakarta : PPCPTK diikuti Depdikbud
Azwar, S. 2010. Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Danim sudarmawan, 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alpabeta
Dimyati dan Mudjiono. 2007. Manajemen Kelas untuk Menciptakan Iklim Belajar yang Kondusif. Jakarta : Visindo
Djamarah, Saiful Bakri. 2002. Strategi belajar mengajar Jakarta: Rieke Cipta
Drs. M. Dalyono. 2003. Manajemen Motivasi. Jakarta : Grasindo
Gerungan, W.A....., Psicology Sosial Bandung Gresco 1996 Harey, Paul dan Kenneth H. Blancheard. Management of organizational Behavier, Utilizing Human Resources fith Edition, Englewood Clhift New Jespy Printice hill. 1988.
Hadi, S. 1992. Statistik 2. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Univesitas Gadjah Mada, Hamalik, Oemar.1995. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara,
Harsey, Paul & Kenneth H. Blanchard. Managament of Organizational Behavior.